Breaking News
Perkembangan Facebook Lite di Indonesia

Perkembangan Facebook Lite di Indonesia

Perkembangan Facebook Lite di Indonesia – . Setelah aplikasi Facebook Lite dirilis ke publik pada awal tahun 2015, akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia kemarin, Kamis (25/6). Sesuai dengan tema “ringan”, Facebook Lite dikatakan nyaman digunakan meskipun Anda berada di internet yang lambat dan menggunakan smartphone Android berkualitas rendah.
Dari catatan Dailysocial, aplikasi Facebook Lite mengambil alih versi seluler Facebook beberapa waktu lalu (versi m.facebook.com bukan touch.facebook.com). Dibandingkan dengan aplikasi Facebook biasa, tampilan Facebook Lite sederhana dan memperkenalkan konsep yang sangat ringan dalam hal penggunaan penyimpanan atau bandwidth, sehingga ada penyederhanaan dalam hal tampilan dan gambar yang diunggah. Hanya saja Facebook Lite sudah mendukung fitur push notification dan integrasi kamera, yang konon memberikan pengalaman yang sama kepada pengguna seperti menggunakan aplikasi Facebook biasa.
“Benar-benar semuanya tergantung pemakaian, jadi belum diketahui besaran penghematan datanya. Namun, sebagai perbandingan, penggunaan data Facebook Lite jauh lebih rendah daripada aplikasi Facebook biasa,” kata Vijay Shankar, manajer produk Facebook Lite.
Shankar mengatakan bahwa pengembang Facebook Lite sengaja mengesampingkan fitur atau hal lain yang mungkin membebani aplikasi Facebook Lite agar aplikasi ini tetap berjalan sesuai dengan konsep yang ringan. Itu sebabnya aplikasi ini belum menyediakan fitur untuk memutar pemutar video, meskipun pengguna masih dapat memperbarui status, komentar, foto, dan aktivitas lainnya melalui aplikasi Facebook Lite.
Dia menjelaskan: “Video dapat membebani aplikasi dan membebani internet. Itu sebabnya kami tidak memperkenalkan fitur ini.”

Konsep yang dikejar cocok untuk negara seperti Indonesia

Secara keseluruhan, Facebook telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia. Dengan jumlah pengguna yang begitu mengesankan, tidak ada jaminan bahwa pengguna Facebook menggunakan smartphone kelas atas dan berada di area dengan koneksi yang baik seperti 3G atau 4G.
“Itulah mengapa kami membangun aplikasi yang bekerja dengan baik di perangkat kelas bawah atau bahkan ketika koneksi yang digunakan hanya 2G,” kata Shankar.
Hal ini menyebabkan Facebook Lite banyak digunakan di Indonesia. Seiring dengan kondisi Internet Indonesia yang sudah semakin terpuruk, kehadiran Facebook Lite yang dirancang khusus untuk beroperasi secara optimal di jaringan 2G menjadi angin segar bagi para penggemar Facebook di tanah air.
Ukuran file yang tidak lebih dari 1MB tidak hanya memungkinkan untuk bekerja di internet yang lambat, tetapi juga cocok untuk smartphone murah, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang memori atau ruang penyimpanan yang berlebihan seperti di aplikasi Facebook biasa. dari kasus tersebut adalah .
Sebelum resmi diluncurkan di Indonesia, Facebook Lite telah diuji coba di beberapa negara di Asia Tenggara dan Afrika. Shankar mengklarifikasi bahwa keberadaan Facebook Lite tidak dimaksudkan untuk menjadi pesaing aplikasi Facebook biasa. Dengan konsepnya yang ringan, Facebook Lite bertujuan untuk menjadi alternatif ketika pengguna Facebook biasa berada di jaringan yang kurang stabil atau lambat.

Baca juga: Cara Membatalkan Pesan di Facebook Lite, Simak Caranya

Itulah perkembangan Facebook Lite di Indonesia, baca informasi menarik lainnya di artealnatural.com