Breaking News

Cara Install Windows di Macbook Tanpa Bootcamp

Menginstal Windows di Macbook – Menginstal aplikasi adalah aktivitas terkait perangkat normal. Baik itu smartphone, tablet, laptop, atau bahkan Macbook. Jika selama ini kita sudah sering memahami seluk beluk laptop secara umum, maka kali ini tentang cara install windows di macbook tanpa bootcamp. Instalasi adalah instalasi aplikasi pada perangkat. Jadi apa itu Bootcamp?

Bootcamp adalah utilitas Mac yang berguna untuk membantu pengguna beralih antara MacOS dan Windows. Saat menggunakan Bootcamp, pengguna akan dimudahkan saat instalasi. Biarkan semuanya melalui Bootcamp.

Namun bagaimana dengan cara install Windows di Macbook tanpa Bootcamp dan apakah penting memiliki Bootcamp? Bicara soal penting atau tidaknya, Bootcamp sebenarnya adalah bagian dari jiwa Macbook. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, memiliki Bootcamp dapat memudahkan Anda sebagai pengguna untuk menginstal suatu program, khususnya Windows. Jadi muncul pertanyaan bagaimana cara menginstal Windows di Macbook tanpa Bootcamp.

Baca juga: Apakah Quotex Trading Halal

Cara termudah dan paling terjangkau untuk menginstal Windows di Mac adalah dengan menggunakan program pelatihan. Boot Camp adalah aplikasi berpemilik dari Apple untuk menginstal WindowsXP/Windows7 atau 8 dengan mempartisi hard drive menjadi dua partisi, satu untuk setiap sistem. Berpindah dari satu sistem ke sistem lain hanya dimungkinkan dengan menghidupkan ulang komputer.

Untuk menginstal Windows di Mac, Anda memerlukan:

1 MacBook RRO / MacBook Air / iMac dengan Mac OS diinstal;

2 Media USB (flash drive (minimal 4GB) atau hard drive eksternal) / DVD (dari media USB (flash drive atau hard drive eksternal) mentransmisikan semua informasi, karena di masa mendatang semua yang ada di media akan dihapus setelah diformat);

3 disk dengan Windows 7 atau citra ISO-nya (Anda dapat mengunduhnya dari Internet);

4 Artikel ini adalah tentang satu jam waktu luang.

perhatian!!! Jika Anda akan menginstal Windows menggunakan USB flash drive di Mac Anda pada akhir tahun 2013 dan yang baru (mereka menggunakan semua port USB 3.0), Anda harus menggunakan drive USB 3.0. Jika tidak, saat Windows muncul, port USB dan keyboard nirkabel tidak akan aktif.

Nyalakan Mac Anda dan instal pembaruan terbaru. Untuk melakukan ini, klik Apple (pojok kiri atas) dan pilih “Pembaruan Perangkat Lunak”.

Setelah menginstal semua pembaruan, lanjutkan ke langkah berikutnya, jalankan program pelatihan. Untuk melakukan ini, klik Cari (ikon kaca pembesar di sudut kanan atas) dan ketik di sana “Boot Camp”, di antara yang ditemukan, klik “Boot Camp Assistant”.

boot camp

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menginstal Windows di Macbook tanpa Bootcamp, berikut adalah alasan mengapa Anda harus menginstal Windows di Macbook:

Manfaat menginstal Windows di Macbook

Banyak yang mungkin bertanya-tanya, mengapa Anda harus mencoba menginstal Windows di Mac? Apakah Mac OS X tidak cukup baik?

Perlu Anda ketahui bahwa program seperti CorelDraw hanya aplikasi yang kompatibel dengan Windows. Juga, Internet Download Manager (IDM). Sementara kebanyakan orang akan membutuhkan aplikasi ini.
Sebelum mengetahui cara menginstal Windows di Macbook tanpa Bootcamp, alasan kedua Anda perlu menginstal Windows adalah untuk menyelaraskan kinerja yang lebih baik jika Anda menggunakan Windows, misalnya Ms. Meja kerja yang dibutuhkan banyak orang setiap hari.
Perbedaan model tangkapan layar menjadi alasan lain, sehingga menggunakan Windows akan lebih nyaman dan mudah.
Setidaknya tiga poin di atas sudah cukup menjadi dasar seseorang menginstal Windows di Mac. Sebelum Anda mulai menginstal Windows di Macbook tanpa Bootcamp, Anda juga harus tahu cara menginstal dengan Bootcamp. Jadi kita semua tahu perbandingannya dengan atau tanpa bootcamp seperti apa.

Cara menginstal Windows di Macbook menggunakan Bootcamp

Periksa Pengaturan Boot Aman

Pastikan setting default Secure Boot adalah Full Security, jika berubah menjadi None Security, kembali ke Full Security terlebih dahulu sebelum menginstal Windows.

Buat partisi Windows

Untuk membuat partisi ini, Anda memerlukan boot camp yang terletak di folder Utilitas di folder Aplikasi. Kemudian ikuti petunjuk di layar seperti:

Saat diminta untuk memasukkan drive USB, sambungkan flash drive USB ke perangkat, dan atur ukuran partisi,

Format partisi Windows (Bootcamp)

Reboot Mac Anda ke penginstal Windows, pilih partisi Bootcamp dan klik Format.

instal windows

Cabut perangkat eksternal yang tidak perlu, klik Berikutnya dan ikuti petunjuk di layar untuk mulai menginstal Windows.

Gunakan penginstal Bootcamp

Ketika proses instalasi selesai, perangkat akan boot ke Windows dan membuka jendela Welcome to Bootcamp Installer. Kemudian ikuti petunjuk di layar dan perangkat lunak pendukung. Anda kemudian akan diminta untuk memulai ulang dengan mengikuti langkah-langkah ini:

Akses penginstal Bootcamp

Jika layar eksternal tersambung ke port Thunderbolt 3 di Mac Anda, layar tersebut akan berwarna putih atau hitam, abu-abu, dan biru hingga dua menit selama penginstalan.

Baca Juga: Aplikasi Kamera Tembus Pandang Terbaik 2022

Cara menginstal Windows di Macbook tanpa Bootcamp

Setelah membaca poin atau langkah-langkah menginstall dengan bootcamp di atas, apakah ini bisa dilakukan tanpa bantuan bootcamp?

Maka anda membutuhkan tips atau cara install Windows di Macbook tanpa Bootcamp seperti di bawah ini :

  • Pastikan flash disk mem-boot penginstal Windows 8.1
  • Masuk ke Mac Anda dan buat partisi HD di Mac Anda untuk menginstal Windows. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke Disk Tools, lihat dan klik HD aktif, klik tab Partition. Kemudian klik tombol + atau pilih dua bagian. Kemudian pilih ukuran hard drive. Ganti nama dan format dengan MS-DOS (FAT) dan klik Apply and Partition.
  • Pastikan hardisk yang akan dipasang bukan Hbryd MBR, melainkan harus GPT.
  • Jika Mac Anda menggunakan elCapitan, Anda perlu mengubah partisi sistem csrutil untuk menonaktifkan.
  • Setelah menginstal GPT fdisk, buka terminal macOS dan ketik: sudo gdisk /dev/disk0. Masukkan kata sandi dan masuk.
  • Masukkan langkah-langkah untuk menginstal Windows
  • Pasang FD, restart perangkat dan tahan tombol alt untuk masuk ke sistem boot pilihan Anda.
  • Instal Windows seperti biasa, tetapi pada opsi HD, format partisi Windows HD.
  • Selesai.

Cara install Windows di Macbook tanpa Bootcamp tetap bisa dilakukan seperti poin-poin di atas. Demikian cara install Windows di Macbook tanpa Bootcamp dari kali ini. Ini mungkin berguna.